17 Mei 2009

Prosesi Penyelenggaraan Jenazah di SMA Pintar

. 17 Mei 2009

IMG_1566

Prosesi penyelenggaraan Jenazah disasksikan Civitas SMA Pintar

Dok. Ronaldo Rozalino


Sabtu, diadakan "Fardu Kifayah Performance" di SMA Pintar Kabupaten Kuantan Singingi yang ditaja oleh siswa XI IPA pada jam pengembangan diri. Prosesi tata cara penyelenggaraan ini merupakan wujud dari kreatifitas siswa yang dibimbing oleh guru bidang studi Pendidikan Agama Islam: Suhelmon S.Pd.I.,MA sekaligus penilaian terhadap hasil pembelajaran Kompetensi Dasar (KD) Perawatan Jenazah.

href="http://ronaldorozalino.blogspot.com">IMG_1531

IMG_1527

Prosesi memendikan jenazah

Dok. Ronaldo Rozalino

Tatacara penyelenggaraan yang dipraktekan, dilaksanakan sebagaimana penyelenggaran jenazah sesungguhnya. Penyelenggaraan dimulai dari kegiatan takziah kerumah duka yang diperankan oleh kelas XI IPA 2 dan dilanjutkan dengan pemandian jenazah. Jenazah laki-laki diperankan oleh Tri Aning Anin Dita dan jenazah perempuan oleh Indah Murni Cahyani. Setelah proses pemandian, dilajutkan pengkafanan jenazah, dalam hal ini diperankan oleh jenzah laki-laki Kelas XI IPA 3. Pada kegiatan pengkafanan jenazah, jenazah diperankan oleh Yardi Sidratil Mardatilah dan jenazah perempuan diperankan oleh Nesvi Nolita.

IMG_1564

IMG_1555

Prosesi pengkafan jenazah

Dok. Ronaldo Rozalino

Acara dilanjutkan dengan menyolatkan jenazah yang diperankan oleh kelas XI IPA 1. Praktek menyolatkan jenazah dilakukan oleh dua kelompok yaitu kelompok yang menyolatkan mayat laki-laki sebagai imam adalah Andi Kurniawan dan mayat perempuan adalah Wiriyanto Aswir.

IMG_1550

IMG_1552

Prosesi Penyolatan Jenazah

Dok. Ronaldo Rozalino

Tata cara penguburan tidak dipraktekan pada prosesi ini karena mengingat situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan diantaranya jam pengembangan diri yang terbatas.

IMG_1576

Prosesi pengangkatan jenazah

Dok.Ronaldo Rozalino

Prosesi tata cara penyelenggaraan jenazah yang disaksikan langsung oleh seluruh siswa SMA Pintar beserta majelis guru berlangsung dengan hikmat dan juga diiringi oleh isak tangis para siswa yang begitu menghayati peran. Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran kita semua untuk menunaikan kewajiban bersama yang disebut Fardu Kifayah dalam menyelenggrakan jenazah. Selain itu, kegiatan ini mengingatkan dan menyadarkan kita terhadap kepastian akan datangnya kematian.

IMG_1611

Photo bersama setelah proses penyelenggaraan Jenazah

Dok. Ronaldo Rozalino

"SETIAP YANG BERNYAWA PASTI AKAN MERASAKAN MATI"

Humas (Ronaldo Rozalino)


2 komentar:

Ronaldo Rozalino mengatakan...

Salute buat tenaga pengajarnya yang kreatif dengan pembelajarannya. Semoga prosesi penyelenggaraan Jenazah ini membawa kebaikan dan pengalaman buat Civitas SMA Pintar

WILDA SP mengatakan...

mngingtkankan ku pd kematian yg akn dtg mnghmpiri..

Posting Komentar

Saran Kritik Anda Sangat Di Harapkan