19 Januari 2010

Tips Menghilangkan Ngantuk Dalam Kelas

. 19 Januari 2010

Tips Menghilangkan Ngantuk Dalam Kelas

Tips Menghilangkan Ngantuk Dalam Kelas Khusus Untuk Siswa dan Mahasiswa

1.Keluar kelas, ke kamar mandi, cuci muka dan berwudhu. Minta lah izin sama guru/dosen kamu untuk kekamar mandi. Terus berwudhu, deh. Kalaupun rasa kantuk masih melanda, tapi minimal kamu jadi lebih segerr dari sebelumnya!!!


2.Merenggangkan otot. Nggak perlu kelapangan olahraga untuk hal ini. Cukup di bangku aja. Tarik tanganmu ke atas dan kesamping kiri-kanan. Renggangkan otot lehermu. Kalau guru/dosen bertanya kamu lagi ngapain, bilang aja terus terang kalo kamu lagi perenggangan otot supaya ga ngantuk. Guru/dosen pasti ngerti kok.


3.Duduk tegak. Kebanyakan orang kalau lagi ngantuk, pasti milih duduk dibelakang, supaya kalau ketiduran, enggak ketahuan. Salah!! Coba deh kalo kamu duduk didepan. Dengan duduk didepan, kamu jadi lebih waspada. Kewaspadaan kamu malah membuat tubuh kamu otomatis ikut waspada. Ibaratnya, tubuh kamu dalam selalu “STAND BY!!”.


4.Duduk tegak. Kamu tahu gak? Postur tubuh yang ga oke, bisa bikin otot jadi lelah. Soalnya otot dan sendi-sendi kita jadi kerja ekstra dibanding kalo tubuh kita lurus/tegak secara tepat. Kalo otot udah lelah, itu bisa nurunin aliran darah dan otak sampe 30%!!


5.Makan permen. Nggak usah banyak-banyak, dan ga usah heboh mengulum atau mengunyah-ngunyah. Cukup di emut aja. Dengan kita makan permen, lidah sebagai indra mengecap mengirimkan berita ke otak tentang makanan. Nah, yang tadinya mata kita redup karena ngantuk, mau ga mau harus melek karena otak yang bekerja untuk melek lagi.


6.Latihan pernapasan. Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan selama 30 detik. Mengisi paru-paru sampe kedasar membantu kamu bikin tubuh tetap terjaga karena saat itulah tubuh kita secara otomatis mengisi aliran darah dengan oksigen.


7.Self talk. Yap!! ini emang artinya ngomong sendiri. Tapi ngomong bukan sembarangan ngomong, melainkan ngasih sugesti ke pikiran kamu supaya tetap berfikir positif. Dengan cara ini, kita memprogaram pikiran bawah sadar kita. Misalanya, bilang “Saya kan tetap akan terjaga”. Kalo takut dibilang linglung, boleh ngomong didalam hati, tapi katakan itu berulang-ulang, seseting seintens mungkin. Pikirna inilah yang nantinya jadi sugesti dalam pikiran bawah sadar kamu. Sugesti ini yang nanti bakal “ngingetin” dengan keras kalo mata kamu mulai meredup lagi.


8.Dan yang terakhir, yang paling penting, cari tahu, apa sih yang bikin kamu ngantuk? Kalo kamu ngantuk gara-gara kurang tidur keseringan NGASKUS tengah malam, hmm...saya cuma mau bilang buat para pelajar khususnya “ Begadang jangan begadang...kalo gak ada gunanya (irama lagu Rhoma, mode on), hehehe(kecuali ngaskus).

lumayan kan ilmunya,
kalo uda bisa terapkan tipsnya saya yakin kalian suatu saat nanti kalo jadi pejabat ga kaya gini. Sumber.

Semoga Bermanfaat!!!

Admin

1 komentar:

Anonim mengatakan...

izin copas buat tugas .

Posting Komentar

Saran Kritik Anda Sangat Di Harapkan