11 Februari 2010

Hari Valentine Bukan Budaya Islam!

. 11 Februari 2010

Hari Valentine

Hari Valentine Bukan Budaya Islam!

Sebelum kita beranjak pada fatwa haram tentang perayaan Hari Valentine ada baiknya kita pahami dulu apa sih Valentines Day itu?Menurut Wikipedia Hari Valentine atau Valentine’s Day yang jatuh pada tanggal 14 februari adalah sebuah hari di mana para kekasih dan mereka yang sedang jatuh cinta menyatakan cintanya di Dunia Barat. Asal-muasalnya yang gelap sebagai sebuah hari raya Katolik Roma didiskusikan di artikel Santo Valentinus.

Ada golongan yang sangat anti terhadap hari Valentine namun ada beberapa golongan yang setuju pelaksanaan Valentine day didalam kehidupan keluarga maupun masyarakat. Menilik sejarah singkat Valentine day adalah sebuah penghormatan terhadap seorang yang bernama Valentine yang melakukan penolakan kebijakan Claudius II kala itu. Kebijakan Claudius II adalah melarang prajurit untuk menikah agar mendapatkan prajurit yang handal ketika perang karena tidak terbebani dengan masalah cinta dan keluarga, namun Valentine tetap menikahkan pasangan yang ingin menikah dan mengikat janji suci.Akibat perbuatannya ia harus dipenjara dan dijatuhi hukuman mati. Namun sebelum dijatuhi hukuman mati, Valentine sempat menulis surat kepada gadis pujaannya yang terkenal sampai sekarang dengan judul “From Your Valentine”.

Beberapa golongan yang anti dan menolak Valentine day beranggapan bahwa itu adalah budaya barat yang tidak sesuai dengan budaya timur dan memperingati hari Valentine itu sama saja dengan memberikan penghormatan terhadap seseorang yang tidak sesuai dengan agama yang dianutnya. Namun bagi yang setuju dengan Valentine Day berpendapat bahwa hari valentine bukan terfokus pada penghormatan seseorang namun keberadaan kasih sayang dan cinta sejati yang patut mendapat apresiasi.Sumber: beritafenomenal

Bagi Umat Muslim Valentine (Kasih Sayang) dilakukan setiap waktu dan setiap saat!!! Karena Islam Agama yang sangat menyukai umatnya untuk saling nasiha-menasihati. Semoga setiap pemuda dan pemudi Islam menyadari apa yang patut dirayakan dan mana yang perlu ditiadakan. Renungilah wahat umat muslim dimanapun berada!!!

Semoga Bermanfaat!!!

0 komentar:

Posting Komentar

Saran Kritik Anda Sangat Di Harapkan