25 Maret 2010

Sejarah Ujian Nasional di Indonesia

. 25 Maret 2010

Ujian Nasional dimulai, tanggal 22-26 Maret 2010 tingkat SMA/SMK/MA memulai Ujian Nasional seminggu berikutnya tingkat SMP/MTs akan mengikuti dan terakhir minggu selanjutnya adalah UASBN tingkat SD/MI melaksanakan Ujian Nasional. Ujian Nasional (UN) yang memimbulkan sikap pro kontra di kalangan masyarakat sebenarnya telah dilaksanakan sejak tahun 1965, namanya mengalami Evolusi sampai akhirnya bernama Ujian Nasional.
Pada jenjang pendidikan dasar dan menengah, sistem ujian nasional telah mengalami beberapa kali perubahan dan penyempurnaan, perkembangan ujian nasional tersebut dapat kita lihat di bawah ini :

  1. Periode 1965 - 1971, pada periode ini, sistem ujian akhir disebut dengan Ujian Negara, berlaku untuk hampir semua mata pelajaran. Bahkan ujian dan pelaksanaannya ditetapkan oleh pemerintah pusat dan seragam untuk seluruh wilayah di Indonesia.
  2. Periode1972 - 1979, pada tahun 1972 ditetapkan sistem ujian sekolah dimana setiap atau sekelompok sekolah menyelenggarakan ujian akhir sekolah masing-masing. Soal dan pemrosesan hasil ujian semuanya ditentukan oleh masing-masing sekolah/kelompok sekolah. Pemerintah pusat hanya menyusun dan mengeluarkan pedoman yang bersifat umum.
  3. Periode 1980-2000, untuk meningkatkan dan mengendalikan mutu pendidikan serta diperolehnya nilai yang memiliki makna yang ''sama" dan dapat dibandingkan antar sekolah ,maka sejak tahun 1980 dilaksanakan ujian akhir nasional yang dikenal dengan sebutan Evaluasi Belajar Tahap Akhir Nasional . Dalam EBTANAS dikembangkan sejumlah perangkat soal yang "paralel" untuk setiap mata pelajaran , dan penggandaan soal dilakukan di daerah.
  4. Periode 2001-2004, sejak tahun 2001,EBTANAS diganti dengan penilaian hasil belajar secara nasional dan kemudian berubah nama menjadi Ujian Akhir Nasional , sejak tahun 2002. Perbedaan yang menonjol antara UAN dan EBTANAS adalah dalam cara menentukan kelulusan siswa ,terutama sejak tahun 2003 . Dalam EBTANAS kelulusan siswa ditentukan oleh kombinasi nilai semester 1

    , nilai semester 2 , dan nilai EBTANAS murni , sedangkan kelulusan siswa pada UAN ditentukan oleh nilai mata pelajaran secara individual.

  5. Periode 2005-sekarang, untuk mendorong tercapainya target wajib belajar pendidikan yang bermutu, pemerintah menyelenggarakan Ujian Nasisonal untuk SMP / MTs / SMPLB dan SMA / SMK / MA / SMALB / SMKLB /.
  6. Periode 2008-sekarang, untuk mendorong tercapainya trget wajib belajar pendidikan yang bermutu, mulai tahun ajaran 2008 /2009 pemerintah menyelenggarakan Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional untuk SD / MI / SDLB.Source:drs-bakharuddin

2 komentar:

pendidikan mengatakan...

sAYA HARAP AGAR INFORMASI MENGENAI TEKNIK DAN HAL LAIN MENGENAI un DITAMBAHKAN LAGI. AGAR DAPAT MEMBANTU DAN MENAMBAH WAWASAN

Anonim mengatakan...

Terima kasih sekali untuk paparan singkat di atas mengenai sejarah perkembangan ujian nasional. Apa boleh disertakan referensi material yang digunakan sebagai acuan dan sumber informasi pemaparan di atas?

Posting Komentar

Saran Kritik Anda Sangat Di Harapkan