29 Agustus 2010

olimpiade internasional Indonesia Juara Olimpiade Bahasa Jerman

. 29 Agustus 2010

Tidak hanya dalam olimpiade internasional sains saja siswa Indonesia berprestasi. Pada ajang Olimpiade Internasional Bahasa Jerman yang diikuti siswa yang belajar bahasa Jerman, Maria Adventia Gita Elmada (SMA St Ursula Jakarta), berhasil meraih juara 3 untuk Tingkatan A.

Olimpiade tersebut diikuti 90 siswa dari 46 negara dari lima benua. Mereka berkumpul di Hamburg, Jerman. Para pemenang diterima Senator Bidang pendidikan Christa Goetsch dan Direktur Utama Goethe Institut Klaus-Dieter Lehmann.

Maria sebelumnya lolos seleksi pada perlombaan bahasa Jerman yang digelar Lembaga Kebudayaan Jerman Goethe Institut Jakarta. Banyak di antara para remaja peserta lomba yang berusia 16-19 tahun, yang sejak bertahun-tahun mempelajari bahasa Jerman, tetapi baru pertama kali berkunjung ke Jerman. Peserta lomba juga berkesempatan bertemu dan berdialog dengan remaja Hamburg.

Kegiatan utama selama olimpiade berlangsung, yakni pencarian informasi dan diskusi antara para remaja mengenai berbagai tema. Mereka membahas mengenai masa depan masing-masing, soal lingkungan hidup di Jerman dan Indonesia, serta soal orang tua dan anak-anak muda bisa hidup bersama.

Hasil dari pencarian informasi yang didapat peserta lomba dituangkan dalam bentuk plakat, skema yang menarik, talkshow, ataupun sketsa yang dipresentasikan kepada juri. Penilaian tidak semata-mata pada kemampuan berbasa Jerman saja, tetapi juga terhadap kreativitas dan kemampuan kerjasama kelompok.Source:Kompas.com

0 komentar:

Posting Komentar

Saran Kritik Anda Sangat Di Harapkan