12 Juni 2011

UJIAN PRAKTEK FISIKA SISWA KELAS X MATERI LISTRIK DINAMIS

. 12 Juni 2011

UJIAN PRAKTEK KELAS X UNTUK MATERI LISTRIK DINAMIS di SMAN Pintar Kuansing

UJIAN PRAKTEK KELAS X UNTUK MATERI LISTRIK DINAMIS di SMAN Pintar Kuansing 2

UJIAN PRAKTEK KELAS X UNTUK MATERI LISTRIK DINAMIS di SMAN Pintar Kuansing 3

UJIAN PRAKTEK KELAS X UNTUK MATERI LISTRIK DINAMIS di SMAN Pintar Kuansing 4

Dok.Ronaldo Rozalino

Potografer:Dekris Pratama

Ujian Praktek Fisika untuk pengambilan nilai Praktek Fisika semester 2 ( genap ) dimulai pada Rabu , 08 Juni 2011 pukul 15:50 WIB , kesempatan untuk Ujian praktek pertama diberikan kepada siswa/i kelas X 2 dan bertempat di kelas X 1 . Sedangkan , untuk kelas X 1 dimulai pada Jum`at 10 Juni 2011 sampai selesai .

Sebelum melakukan praktikum siswa/i kelas X 2 diberi pembekalan materi tentang Listrik Dinamis oleh guru pembimbing yang diikuti oleh 32 orang siswa/i , yang dalam hal ini di bimbing oleh guru Fisika SMAN Pintar Kabupaten Kuantan Singingi , Bapak Marlius S.Pd . Pertama , pengenalan berbagai macam instrument yang nantinya akan digunakan untuk praktikum , seperti Papan Rangkaian , Resistor , Lampu , Saklar , Basic Meter , Multi Meter dan lainnya yang menunjang untuk praktikum tentang Listrik Dinamis ini .

Selama hampir 2 jam penyampaian materi , lalu diadakan ulangan . Ulangannya adalah menggambar rangkaian yang telah dirangkai di papan rangkaian dan ditulis atau dipindahkan ke selembar kertas dan menjawab soal tentang Kuat Arus dan Beda Potensial yang nanti akan dilihat apakah jawabannya sesuai atau tidak dengan hasil praktikum .

Praktikum dimulai dengan instrument yang telah disediakan oleh Bapak Marlius S.Pd , seperti Baterry 6 V , Resistor 47 Ω , Resistor 100 Ω , Saklar , Kabel , dan Basic Meter untuk menentukan Kuat Arus yang mengalir pada rangkaian dan juga untuk menentukan Beda Potensial antara titik A dan titik B pada rangkaian .

Gambar 1.1

Rangkaian sederhana yang akan disusun pada papan rangkaian oleh siswa/i

Kemudian tiap-tiap siswa/i dipanggil berdasarkan urutan absen untuk melaksanakan praktikum secara individu . Praktikum berlangsung dengan penjagaan ketat oleh guru pembimbing , artinya tidak ada orang yang boleh mendekat untuk melihat praktikum selain siswa/i yang sedang praktikum itu sendiri dan guru pembimbing . Pada praktikum tersebut , pertama siswa/i harus menyelesaikan rangkaian yang telah dibuat pada lembaran kertas sebelum praktikum untuk dijadikan rangkaian yang sebenarnya pada papan rangkaian . Setelah itu , proses berikutnya ialah menentukan kuat arus yang mengalir pada rangkaian yang telah dibuat dengan cara menserikan Basic Meter dalam rangkaian itu . Kemudian , menentukan beda potensial pada titik A dan titik B dalam rangkaian dengan menggunakan Basic Meter yang dipasang secara Paralel pada rangkaian , dan yang terakhir adalah membuat kesimpulan berdasarkan hasil praktek dengan hasil ulangan teori sebelumnya . Adapun yang menjadi penilaian untuk praktikum tersebut salah satunya adalah penyusunan rangkaian , cara menggunakan Basic Meter untuk menghitung kuat arus (Ampere ) , Cara menghitung beda potensial antara titik A dan titik B Berdasarkan Basic Meter (Volt) , dan kesimpulan yang telah dibuat . Semoga ujian praktek Fisika ini dapat berjalan lancar dan menjadikan siswa/i yang berprestasi dibidang Sains dan bisa melanjutkan ke tingkat selanjutnya . Amin ...... (D#) (Dekris Pratama)

Langkah –langkah menjawab soal pada gambar 1.1

Diketahui : ε : 6 v

R 1 : 47 Ω

R 2 : 100 Ω

Ditanya :

a. Kuat arus yang mengalir pada rangkaian tersebut .

b. Beda potensial antara titik A dan titik B

Jawab :

A.

1. Tentukan arah loop pada rangkaian , buat arah loop berlawanan dengan arah arus

2. Gunakan hukum II Kirchoff

Maka Σε + ΣIR = 0

+ε-R1-R2 =0

I = ε / R1+ R2

I = 6V / 47 Ω + 100 Ω

I = 0,041 A

B.

Vab = I . R2

Vab = 0,041 A . 100 Ω

Vab = 4,1 V

Jadi beda potensial antara titik A dan titik B adalah 4,1 Volt

By: Dekris Pratama

Admin

1 komentar:

DEKRIS PRATAMA BLOG mengatakan...

senangnya ujian dah berakhir , tapi deg-degan nih nggu resultnya

Posting Komentar

Saran Kritik Anda Sangat Di Harapkan