25 Februari 2009

Ikuti 'Internet Sehat' Blog Award 2009

. 25 Februari 2009

Tim Internet Sehat - detikinet


Jakarta - Merasa punya blog yang 'sehat'? Ikuti 'Internet Sehat' Blog Award 2009 dan raih kesempatan memenangkan Blackberry plus paket hosting gratis.
Internet Sehat Blog Award 2009 adalah penghargaan yang diberikan kepada pengelola blog (blogger) yang dengan segenap daya kreativitasnya telah menuangkan ide, gagasan dan pikirannya dalam bentuk tulisan di blog. Tulisan tersebut tentunya yang harus dapat memberikan ide ataupun mengarahkan tindakan atas pembacanya untuk melakukan tindakan yang positif dan bermanfaat, bagi dirinya ataupun masyarakat sekitarnya di Indonesia.
Kriteria Blog
Penghargaan ini terdiri atas beberapa kriteria, yaitu:

  1. education blog (blog tentang dunia pendidikan, formal/informal, atau tentang ilmu pengetahuan yang relevan dan digunakan dalam proses belajar-mengajar)
  2. family blog (blog tentang problematika keluarga, kesehatan ibu-anak, kehidupan remaja, perencanaan keuangan dan rumah/taman)
  3. student blog (blog yang dibuat dan dikelola oleh siswa SD-SMP-SMA, baik yang sifatnya blog personal, kelompok, maupun mading online)
  4. travel & culinary blog (blog tentang turisme, wisata alam, wisata kuliner, aktifitas in/out door serta informasi kebudayaan Indonesia)
  5. techno blog (blog tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terbaru, termasuk soal ICT, software/hardware maupun sains umum)
  6. citizen journalist (blog tentang ulasan/liputan/analisis yang terkait dengan aneka berita/informasi yang dekat dekat dengan pembaca serta faktual)
  7. inspirative blog (blog dengan konten yang unik dari sisi kreativitas isi, yang tidak termasuk dari kriteria di atas)
  8. Best of The Best blog (1 blog pilihan per 3 bulan)
  9. Super Blog (1 blog pilihan menjelang akhir tahun)


Blog bebas dihostingkan dimana saja dan dengan domain apapun. Tetapi sangat dianjurkan untuk diletakkan di layanan lokal (dalam negeri), walaupun hal tersebut tidak akan mempengaruhi penilaian.
Tim Juri
Untuk kriteria mingguan, penilainya adalah dari tim internal Internet Sehat
Untuk kriteria “Best of The Best Blog” dan “Super Blog”, tim penilainya adalah:

  • Budi Putra (blogger, Asia Blogging Network)
  • Romi Satria Wahono (blogger, IlmuKomputer.com)
  • Onno Purbo (Advisory Board Chairman of Indonesian ICT Partnership)
  • Donny B.U. (blogger, akademisi)


Kriteria Penilaian

  1. konten yang kreatif, unik dan up-to-date
  2. konten memiliki nilai tambah (bermanfaat) bagi pembaca
  3. konten diwajibkan tidak sekedar copy-paste dari sumber lain (jika berupa saduran, diperbolehkan asal tetap menyebutkan sumbernya)
  4. konten dapat berupa fitur, berita, opini, ulasan, ringkasan, kajian, tips, kiat, dll.
  5. konten harus berbahasa Indonesia, boleh menggunakan bahasa informal asal mudah dipahami pembaca
  6. blog di-update secara berkala (rutin) dan harus tercantum data diri yang benar (minimal nama + e-mail valid)


Cara Ikutan
Untuk ikutan Internet Sehat Blog Award 2009 ini, caranya mudah. Tidak perlu pakai formalitas pendaftaran apapun, dan pastinya tidak dipungut biaya apapun (gratis!). Mekanismenya:

  1. Secara periodik, tim Internet Sehat akan blog walking, meninjau dari satu blog ke blog lainnya. Kemudian akan ditentukan pemenangnya setelah dibahas internal tim Internet Sehat yang akan dibantu pula oleh sejumlah pihak luar yang berkompeten di bidangnya.
  2. Jika ada yang ingin merekomendasikan blognya, blog milik teman/rekannya ataupun blog pihak lain yang pernah dikunjungi, silakan kirimkan informasinya ke e-mail blog [at] ictwatch.com atau blog [at] internetsehat.org. Seluruh rekomendasi yang masuk, akan di-review kelayakannya.


Hadiah

  1. Kriteria mingguan. Setiap 1 (satu) minggu sekali, di pertengahan minggunya, tim Internet Sehat akan mengumumkan (via web dan e-mail) minimal 2 blog/blogger yang akan mendapatkan penghargaan, dengan kriterianya (catatan: bukan 2 blog/blogger per kriteria!). Bagi blog/blogger yang mendapatkan penghargaan, akan segera dikirimkan merchandise/t-shirt eksklusif ke alamat masing-masing jika blog/blogger tersebut telah mengklaimnya paling lambat 1 minggu setelah diumumkan.
  2. Kriteria 3 Bulanan. Kemudian setiap 3 (tiga) bulan sekali, dari para penerima penghargaan mingguan tersebut, akan dipilih 1 (satu) blog/blogger yang terbaik untuk mendapatkan penghargaan “Best of The Best Blog” dan berhak mendapatkan hadiah sebuah 3G-XL datacard dan Paket Hosting Techscape (50 MB) + Nama Domain gratis 1 (satu) tahun penuh !
  3. Kriteria Akhir Tahun. Kemudian di akhir tahun, dari penerima penghargaan “Best of The Best Blog”, akan dipilih 1 (satu) blog/blogger yang terbaik untuk mendapatkan penghargaan “Super Blog” dan berhak mendapatkan hadiah sebuah ponsel Blackberry, Paket Hosting Techscape (100 MB) + Nama Domain gratis 1 (satu) tahun penuh, dan hadiah dari pendukung lainnya.
  4. Bagi blogger terpilih (mingguan, tiga bulanan atau akhir tahun) yang merupakan siswa sekolah ataupun Bapak/Ibu Guru (untuk kriteria blog award apapun), penghargaan akan disertakan pula berupa sertifikat/piagam dalam bentuk fisik.


Cara Klaim Hadiah
Setelah blog pilihan diumumkan, blogger cukup memasang “banner award” (yang telah disediakan) di halaman depan (side-bar) blog masing-masing. Kemudian banner tersebut diberi tautan (link) ke www.ictwatch.com/internetsehat paling lambat 1 (satu) minggu setelah pengumuman. Kemudian dimohon blogger mengirimkan e-mail notifikasi berisi data diri lengkap + alamat ke blog [at] ictwatch.com atau blog [at] internetsehat.org. Setelah proses verifikasi, hadiah akan dikirimkan langsung ke alamat pemenang.
Pengumuman
Blog yang terpilih sebagai blog Internet Sehat akan diumumkan secara berkala di
rubrik e-Community detikinet dan juga di bagian fitur komentar pada bagian bawah artikel di situs ICT Watch. Keputusan atas blog terpilih tersebut adalah mutlak dan tidak dapat diganggu-gugat. Tidak ada korespondensi dalam bentuk apapun khusus terkait dengan keputusan atas pemilihan blog tersebut.

Sumber:http://www.detikinet.com/

read/2009/02/11/121037/1075823/447/ikuti-internet-sehat-blog-award-2009

0 komentar:

Posting Komentar

Saran Kritik Anda Sangat Di Harapkan