24 Januari 2010

Perguruan Tinggi Idaman

. 24 Januari 2010

Perguruan tinggi merupakan suatu lembaga yang merupakan kelanjutan pendidikan setelah lulus dari bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Setiap calon mahasiswa jika ingin melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi tentunya harus menyelesaikan terlebih dahulu pendidikannya di SMA atau SMK. Artinya, jika seseorang tidak lulus di Ujian Nasional tentunya dia tidak dapat kuliah di Perguaruan Tinggi Idamannya

.

Melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi untuk saat ini merupakan hal yang wajib bagi seseorang yang ingin nantinya mendapat posisi yang baik di dunia pekerjaan. Selain itu, alasan seseorang kuliah di Perguruan Tinggi adalah untuk membuka pola pikir serta menambah wawasan terhadap suatu ilmu pengetahuan. Karena di Perguruan Tinggi kita wajib memilih salah satu jurusan yang kita favoritkan atau yang cocok dengan dunia kerja yang kita inginkan nantinya.


Di Indonesia saat ini sangat banyak dijumpai Perguruan Tinggi baik yang Negeri maupun yang Swasta dengan berbagai jenis Program Study yang ditawarkan kepada para calon mahasiswanya. Sengan begitu kita dituntut agar dapat memilih Perguruan Tinggi Terbaik di mata masyarakat, salah satu indikatornya adalah alumnus Perguruan Tinggi tersebut. Jika banyak alumni dari Perguruan Tinggi tersebut yang sukses setelah menyelesaikan studynya maka masyrakat akan memandang perguruan tinggi tersebut sebagai Perguruan Tinggi Terbaik . Selain itu, apabila suatu perguruan tinggi sangat banyak diminati oleh masyarakat tentunya posisi perguruan tinggi tersebut merupakan Perguruan Tinggi Favorite di Indonesia . Selain itu, tentunya pihak akademisi sudah membuat suatu ukuran untuk menggolongkan grade dari suatu perguruan tinggi. Mungkin disini yang menjadi kriterianya adalah


1. Lokasi
Apakah perguruan tinggi itu berada di lokasi yang mudah dijangkau dengan transportasi umum, mempunyai fasilitas umum yang lengkap dan jauh dari areal keramain seperti kawasan industri, pasar serta pusat-pusat keramaian.


2. Humas
Perguruan tinggi tersebut mempunyai jaringan alumni yang kuat, mempunyai kerjasama yang baik dengan pihak perusahaan terkenal serta mempunyai manajemen sistem unformasi yang baik.


3. Fasilitas
Mempunyai program pendukung perkuliahaan yang lengkap dan modern, seperti laboratorium, ruang perkuliahaan, perspustakaan dan wadah tempat mahasiswa berorganisasi.


4. Akreditas
Perguruan tinggi tersebut sudah banyak menghasilkan karya ilmiah oleh staf-staf pengajarnya (dosen), mempunyai dosen dengan titel Doktor ataupun Profesor akan sangat mempengaruhi akreditas perguruan tinggi tersebut.


Saat ini di Indonesia setiap perguruan tinggi berlomba-lomba menjadi yang terbaik dengan memperbaiki dan menambah semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan. Apalagi saat ini sudah banyak perguruan tinggi dari luar negeri yang mencoba untuk merekrut calon mahasiswa dari Indonesia. Oleh karena itu, jika perguruan tinggi di Indonesia tidak mau kehilangan calon masasiswa terbaiknya tentu harus semakin berbenah di segala aspek. Tentu untuk itu perguruan tinggi membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Sehingga saat ini kita bisa melihat biaya untuk berkuliah sangat besar, apa lagi jika kita mengambil program study keprofesian seperti Fakultas Kedokteran, Akuntansi, Hukum, Farmasi.


Jika kita flashback 10 tahun kebelakang, perguruan tinggi yang menjadi idaman masyarakat adalah Perguruan Tinggi Negeri. Tapi saat ini, sudah banyak Perguruan Tunggi Swasta yang dapat menembus dominasi Perguruan Tinggi Negeri. Sebut saja salah satunya Universitas Islam Indonesia yang berada di Yogyakarta. Universita Islam Indonesia termasuk perguruan tinggi terbaik yang ada di Indonesia karena mempunyai fasilitas yang sangat lengkap dan berada di yogyakarta yang dikenal sebagai kota pendidikan.


Universitas ini selain membina mahasiswanya dari sisi akademis juga mendapat binaan dari sisi agama, sehingga nantinya setelah lulus dapat menjadi seorang sarjana yang bertaqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Sumber.

0 komentar:

Posting Komentar

Saran Kritik Anda Sangat Di Harapkan