29 Juni 2010

Pelajar SMKN 2 Teluk Kuantan di Ajang Gita Bahana Lolos Tingkat Nasional

. 29 Juni 2010

TELUK KUANTAN (RP) - Satu pelajar asal SMKN 2 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah, Kabupaten Kuansing Afdal, berhasil lolos melangkah ke tingkat nasional lomba Gita Bahana 2010.

Afdal, berhasil lolos setelah berhasil masuk ke grup delapan orang, utusan Provinsi Riau yang akan diusulkan ke tingkat nasional. Ini diungkapkan Kepala Dinas Budparpora Kabupaten Kuansing Tarmis SPd MH melalui Kabid Kebudayaan Argausman SH MM menjawab Riau Pos, Jumat (25/6) di Teluk Kuantan.
Argausman menjelaskan, dalam ajang lomba Gita Bahana 2010 tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan di Taman Budaya Riau, Pekanbaru, Rabu (23/6) malam, Kabupaten Kuansing mengirimkan peserta sebanyak dua pasang. Keempat orang pelajar yang dikirim tersebut, masing-masing Yurma asal SMAN 2 Teluk Kuantan, Ulfa SMKN 2 Teluk Kuantan, Hantana SMKN 1 Benai dan Afdal SMKN 2 Teluk Kuantan.


Dari dua pasangan yang dikirim Kuansing, hanya satu orang Afdal yang berhasil masuk ke grup delapan orang yang akan menjadi utusan Provinsi Riau. Dengan begitu, Afdal terpilih memperkuat Riau ke tingkat nasional.
Dari delapan orang ini, lanjut Argausman, selanjutnya akan dipilih empat orang terbaik yang akan menghadiri pertemuan di Istana Negara. ‘’Mudah-mudahan, dari empat orang tersebut, terpilih utusan Kuansing,’’ ujarnya.


Lomba Gita Bahana 2010, merupakan lomba lagu-lagu perjuangan, kebangsaan atau nasional yang dinyanyikan perorangan dengan jenis Sopran,Teno dan Bass.
Keikutsertaan Kabupaten Kuansing dalam lomba Gita Bahana, sebetulnya selalu diikuti setiap tahun. Namun dua tahun terakhir ini kurang gemilang. Kuansing pernah meloloskan satu orang pelajar asal Cerenti dalam lomba yang sama tingkat nasional.
Menyinggung soal pembiayaan, Argausman menyebutkan, kegiatan ini dibantu Pemerintah Daerah Kabupaten Kuansing. Mulai dari ajang penyeleksian hingga ke tingkat nasional ini. Ini dikarenakan tidak tersediannya anggaran di Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Budparpora) Kuansing.


Di samping itu, dalam pengembangan seni dan budaya, Kuansing juga mengirimkan satu grup kesenian yang ikut parade tari daerah tingkat Provinsi Riau 2010. Kali ini, sebanyak 24 orang grup kesenian asal Kuatan Hilir akan mewakili Kuansing dalam pentas parade tari daerah tingkat Provinsi Riau 2010 ini. Kegiatan ini akan dilaksanakan, Sabtu 26 Juni 2010 di Taman Budaya Pekanbaru. (dac) . Source:Riaupos.com

0 komentar:

Posting Komentar

Saran Kritik Anda Sangat Di Harapkan